Jumat, 19 Oktober 2012

3 Alasan Investasi di Indonesia Terganggu

Investasi Amerika Serikat (AS) di ASEAN, khususnya Indonesia memang masih belum terlalu besar seperti dengan Uni Eropa. Ada beberapa hal yang menghambat investasi ini terus mengalir.

"Ada banyak kekhawatiran yang membuat investasi ini terhambat. Hal ini harus segera dirubah secepatnya," ucap Duta Besar AS untuk ASEAN David Carden di kediamannya, Jakarta, Rabu (27/7/2011).

Menurutnya, wilayah ASEAN khususnya, harus berkaca apa yang menyebabkan perusahaan-perusahaan asing enggan untuk melakukan investasi lebih di wilayah Asia Tenggara. 

"Ada alasan mengapa perusahaan ataupun pribadi enggan untuk melakukan investasi di wilayah ini. Hambatan itu melebar dari korupsi, hingga sistem hukum yang tidak berfungsi hingga minimnya tranparansi di masyarakat," tuturnya.

Carden juga menyebutkan investasi di Indonesia. Tahun lalu AS menjadi investor terbesar kedua di Indonesia. Namun dirinya mengharapkan dengan kerja sama yang akan lebih ditingkatkan dan jumlah investasi ini dapat terus meningkat.

Sementara Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Ted Osius memaparkan tiga masalah yang dihadapi oleh perusahaan untuk melakukan investasi di negara ini.

"Saya melihat ada tiga masalah yang perlu diperhatikan yang dihadapi dalam masalah investasi di Indonesia. Masalah pertama adalah infrastruktur, kedua adalah korupsi dan terakhir adalah regulasi yang tidak jelas," Menurut diplomat yang selalu mengurus masalah investasi perusahaan AS di Indonesia ini.

Terlepas dari masalah ini, Dubes Carden dan Wakil Dubes Osius menilai masih menyimpan peluang besar untuk investasi. Tetapi perlu adanya pemecahan hambatan investasi agar lancar masuk ke ASEAN pada umumnya dan Indonesia pada khususnya.

(Fajar Nugraha - Okezone)

0 komentar:

Posting Komentar