Jumat, 23 November 2012

RI Harus Dorong Investasi Demi Pertumbuhan Ekonomi

Motor pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini bukan hanya pada konsumsi domestik saja, tetapi juga dipengaruhi aktor investasi. Pasalnya, investasi juga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan, pertumbuhan karena investasi pada tahun ini telah meningkat 32 persen dibandingkan tahun lalu. "Investasi yang baik, bisa menyumbang pertumbuhan 10 persen," jelas dia dalam acara Investor Awards 2012, di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Rabu (9/5/2012) malam.

Dia melanjutkan, beberapa tahun lalu, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia memang ditopang oleh konsumsi domestik. Namun, saat ini bukan hanya konsumsi domestik menunjang pertumbuhan ekonomi. "Sekarang investasi juga turut mempengaruhi," tegas Agus.

Dengan adanya pertumbuhan investasi, maka secara umum ekonomi Indonesia akan terus menguat. Dia menambahkan, rasio utang terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) yang turun dari 80 persen menjadi 25 persen, masih bisa ditekan dengan adanya investasi. "Akan terus turun jadi 22 persen, dan cadangan devisa saat ini USD110 miliar, bandingkan pada 2005 sebesar USD40 miliar," urai Agus.

Menurutnya, terus membaiknya kondisi ekonomi Indonesia tetap harus memperhatikan kondisi global saat ini. "Karena harga  minyak terus naik, dan Indonesia akan kena dampak ekonomi global," tutup Agus.

(Pebrianto Eko Wicaksono - Okezone)

0 komentar:

Posting Komentar